Perusahaan berbasis Electronic Commerce adalah Suatu perusahaan yang melaksanakan proses pembelian dan penjualan, periklanan maupun pemesanan barang dan jasa secara elektronik dengan transaksi melalui internet, jaringan dan teknologi digital lainnya.
Mekanisme Pelayanan
Mekanisme dalam berjualan dimana seseorang harus masukan alamat email dan pasword email masing
masing.Setelah berhasil, kita dapat memesan barang yang kita mau.
Mekanisme Pembayaran
Biasanya perusahaan terkait akan menyediakan rekening, mekanismenya seperti ini :
- Pertama jika kita berniat untuk membeli barang yang akan kita inginkan , kita dapat menyampaikannya ke penjual dengan cara sms (biasanya penjual mencantumkan nomor telepon), e-mail atau komentar pada web tersebut.
- Kedua kita akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang yg tertera pada penjual, setelah ditransfer kiat diharuskan mengkonfirmasinya.
Contoh perusahaan berbasis E-Commerce :
Perusahaan Lazada merupakan top online retailer di Indonesia. Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Produk pesanan akan di antar ke rumah-rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang tunai bila tidak memiliki kartu kredit.
Electronic Commerce merupakan
proses pembelian dan penjualan barang dan jasa secara elektronik dengan
transaksi melalui internet, jaringan dan teknologi digital lainnya.
Kategori Electronic Commerce
Business-to-Consumer (B2C):
e-commerce yang menjual produk dan jasa kepada pembeli individual.
Contoh: BarnesandNoble.com menjual buku, software, dan musik kepada
konsumen individu.
Business-to-Business (B2B):
e-commerce yang menjual barang dan jasa antar bisnis/perusahaan. Contoh:
heidelberg untuk penjualan mesin percetakan dan jasa, Website Milacron
untuk penjualan mesin, cetakan dasar dan alat yang berhubungan,
perlengkapan, dan jasa untuk perusahaan pemrosesan plastik
Ok setumpuk teori sudah di beberkan , lalu bagaimana cara kerja e-commerce :
ini jawaban salah satu temen ane di forum sebelah
Mulai dari PC(Komputer) pembeli sampai kepada penjualnya. Jadi pertama-tama, pembeli mengakses webstore yang dibuat oleh penjual, biasanya situs webstore itu selalu secure dan pengiriman datanya selalu dienkripsi (HTTPS). Ketika pembeli membeli sebuah barang dari webstore tersebut, transaksi akan diproses secara real-time menggunakan pihak ketiga (biasanya lewat bank(e-banking) atau paypal atau penyedia kartu kredit dan sejenisnya), ketika pihak ketiga mengapprove transaksi, pihak ketiga akan memberitahu kepada sistem penjual, bahwa penjual telah menerima pembayaran dari pembeli, sehingga penjual memberikan apa yang di requestkan oleh pembeli dengan cara pengiriman barang kepada pembeli.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin memasarkan produknya di dunia maya , berminat ?
0 Komentar: